Jumat, 27 April 2012

Rahasia Ebeg / Jatilan ( Kuda Lumping ) Wuru mendem ( Indang ) ... " @nadahitam "


*Kesurupan
  Ya, mungkin sebagian besar orang yang menonton permainan Budaya Ebeg (Banyumasan) atau Jatilan (jawa Timur) pasti selalu menunggu bagian akhir permainan ini, yaitu dimana para penari seperti kehilangan kesadaran seolah-olah kemasukan setan ( kesurupan ),, Apa itu benar2  kesurupan Setan ??....
 dengan tegas saya jawab TIDAK..
Sa'atNya kita sebagai bangsa Indonesia mengetahui rahasia budaya2 kita termasuk budaya ini .

*Indang
-Apa itu indang ?? Indang adalah Energi yang dapat merubah Pola pikir penari atau pemberi sugesti percaya diri untuk menari.
-Apakah indang itu setan ?? BUKAN !!!
 Indang itu sebuah energi yang muncul dan timbul dari pikiran manusia itu sendiri ,,

*Ritual
 yaa,, dari dulu memang permainan ini kental dengan budhaya mistis yang sudah membaur dan sulit untuk dihilangkan ,, sebelum dilakukan permainan ini seluruh anggota termasuk penari dibawa oleh sesepuh ke sebuah pemakaman orang besar yang dulu pernah hidup sebagai Tokoh atau panutan masyarakat.. Ritual ini pada dasarnya adalah meminta do'a restu dari Leluhur untuk meneruskan budhaya kita,. orang dulu menyebut ini dengan istilah mertamu dan mengirim do'a ke makam ( Ziarah ) atau orang jawa biasa meenyebut Sowan. namun seiring perkembangan jaman, ternyata pikiran2 tidak rasional ( yang sok tau ) menganggap bahwa datang ke makam datang dengan tujuan meminta agar tubuh mereka dapat dimasuki Roh / Setan .. Itu salah BESAR,

*Media
 Komputer identik dengan CPU, Mouse, Keyboard dll,, begitu juga Budhaya, kesenian ini lahir dari Puluhan bahkan Ratusan tahun yang lalu, dimana pada jaman itu animisme dan dinamisme lah yang mengiringi hidup bangsa kita, dan tidak heran jika pada kesenian ini kita masih melihat ;Kembang;Menyan;dupa dll,, ituPun tidak bisa disalahkan dan kita tidak berhak mengKlaim itu sebagai sesuatu yang musrik, karena pada dasarnya media2 itu hanya sebagai pelengkap sugesti kepada penari supaya meereka lbih yakin dan mantap.


*KebaL


 Tidak Jarang Rombongan Kuda Lumping memberikan atraksi2 unik menarik dan menegangkan ,, apa rahasianya ??
 dalam permainan ini biasanya kita melihat ada yang di Cambuk, makan arang berapi, makan serpihan kaca ,,
 Apa mereka tidak sakit ??
Tentu saja mereka merasakan sakit ,, tapi tidak setelah sugesti itu dapat memonopoli pikiran sang penari, karena sebenarnya yang sakti, yang hebat dan yang Luar biasa adalah pikiran kita sendiri, sebenarnya kita maampu melakukan sesuatu yang terlihat mustahil ,, tapi pikiran perlu sugesti atau sesuatu yang mendorong Pikiran kita agar yakin bahwa kita mampu melakukannya.

*Penonton Ikut terlibat
 yaaaa,, memang permainan ini tidak lepas dari penonton , kenapa penonton bisa ikit wuru ??
jawabannga Logis. kita mendengar lagu yang kita ketahui secara refleeks tangan.kepala,kaki, dan anggota tubuh yang lain tanpa kita sadari ikut bergoyang dalam alunan harmoni musik tsb, begitu juga permainan ini, penonton yang benar2 menikmati dan mengikuti irama gendhing yang dimainkan secara tidak langsung merekaPun ingin ikut berdendang karena hanyut dalam harmoni gendhing .

*Respon kita
 Banyak Pihak yang Pro dan Kontra dengan permainan ini dengan berbagai macam pendapat yang mereka miliki ,, itu tidak masalah bagi kita , karena yang terpenting adalah melestarikan budhaya Indonesia dan mengembangkanNya.

#Oleh karena itu hargai semua pendapat orang tentang Budhaya ini, karena perbeda'an persepsi akan memberikan warna tersendiri untuk kehidupan ;)

semoga catatan ini dapat memberi wawasan kepada kita semua untuk selalu berPikir Rasional dan ilmiah

6 komentar:

  1. Kalo ikut nari ebeg tapi pengen tidak kesurupan itu gimana bos?

    BalasHapus
  2. gampang,, jangan ikuti ritual2nya.. supaya anda tidak tersugest oleh media2nya

    BalasHapus
  3. Aq ingin tanya nich admin...sya perna minta di dukun jaranan....tpi gk pernah saya kerasukan...klau teman saya yg beloem pernah jadi(ikut nari) tiba"bisa admin....apa saya ini bloem yakin ya min..dan apa doa yg harus saya baca supaya bisa lakon....mohon pencerahan ya

    BalasHapus
  4. kalau menurut saya..ebeg/kuda lumping itu musyrik bos..pertama saya juga pernah nyoba2 ikut..tp belum sampai jadi saya dah mikir&kebetulan ketemu teman saya..ceritanya dia itu habib..saya langsung to the point tanya ke dia..
    eh mas,mau tanya hukum kuda lumping..??
    beliau jawab dengan santainya..malah balik tanya..temen2 kamu yang udah pada jadi coba di tanya ..sadar & bisa ngontrol raga nya sendiri tidak..??dia malah tanya begitu bos..& temen2 saya kan rata2 pada setengah sadar..liat orang saat lagi beraksi gak paham siapa orang tersebut..meskipun yg dilihat itu saudaranya sendiri/ibu bapaknya..nah kalau udah begitu berarti kan kesurupan bos..
    kesimpulanya ..jika kita dikendalikan oleh jin berarti kita itu kalah sama jin..padahal kta itu manusia yg diciptakan paling sempurna di seluruh dunia..bahkan alam semesta..kecuali jin tersebut dikendalikan sama kita untuk segala hal yg baik nah itu tidak masalah..itu kata temen saya tadi bos admin..saya pribadi si ingin rasanya ikut main kuda lumpin bos..cuma takut nantinya dapet resiko..hehe..

    BalasHapus
  5. Kalo menurut sy ebeg itu kesenian yg perlu di lestarikan,adapun musyrik atau tidak itu kembali ke keyakinan kita masing"

    BalasHapus
  6. apa doanya supaya kita bisa dapat endang jarkep.
    soalnya saya penasaran..!!

    BalasHapus